Thursday, March 06, 2008

Analisa vs Akurasi

Tulisan khusus buat bos ikannila ..:D
"ikannila : Bos akurasinya berapa percen pake sistem tarik garis ini bos?" ...

Menurut saya begini ...
Analisa itu kalo salah adalah hal yang biasa...kalo bener...baru deh luar biasa...tapi kalo bener terus, bakalan jadi hal yang tidak menyenangkan...heehhehe...

Kondisi kita yang hanya mampu mengikuti perkembangan pergerakan harga, kemudian berusaha mengambil sedikit kesempatan dari pergerakan harga tersebut yang menjadikan kita dalam kondisi selalu tidak tahu detik selanjutnya kemana harga akan bergerak..apakah dia akan terus naik..atau malah turun..atau malah diem ditempat...

Kecuali kalo kita sendiri yang menciptakan harga itu...maka kita dah pasti tahu kemana selanjutnya harga akan bergerak ...

Jadi saya tidak terlalu memperhatikan berapa persen tingkat akurasinya..mungkin karena saya ini terlalu naif untuk tidak mempercayai keberadaan indikator yang sempurna, holly grail, sistem trading yang sempurna..dan segala hal yang berbau sempurna...hehehe...(nulis ini sambil denger andra and the backbone -sempurna ) ..

Dan juga, tarik-tarikan garis ini adalah bukan sistem...semua yang ada di blog ini adalah bukan sebuah sistem ...tapi cuman sekedar catatan...catatan yang disertai harapan bisa membantu pembacanya agar dapat meningkatkan kualitas tradingnya..

Trendline dalam candlestick itu sengaja saya fokuskan ...karena ini merupakan bagian dari ilmu dasar dalam meng-analisa dan menggunakan chart ...saya tulis ini, karena sebagian besar teman-teman trader saya sudah terlalu canggih hingga melupakan hal mendasar dari penggunaan chart atau candlestick ...

Back to pertanyaan...berapa besar akurasinya...saya mesti jawab, saya sendiri gak tahu..hehhehe..

Spesial note: seorang teman saat ini sedang menerapkan trading dengan menggunakan trendline, perkembangannya bisa dilihat di http://kaskus.us/showthread.php?t=770255

0 comments: