Friday, February 13, 2009

Candlestick Mania...part 1

Sekedar mengulang...

Andai..di platform trading kita hanya ada seperti gambar berikut..



berani gak klik salah satu Sell atau Buy ..??


Pertanyaan ini..berulang-ulang saya tanya..baik saat di room #indofx...saat di conf yahoo..dan di beberapa kesempatan chatting dengan teman-teman via YM ..juga sering saya tanyakan ke teman-teman saat ketemu langsung...

Sebagian besar dengan tegas jawab..."gak berani"..alasannya karena gak bisa tau arah harga itu lagi kemana...atau pake bahasa trading...hihih...gak tau trend..

Berarti..chart itu sangat penting dalam melaksanakan kegiatan trading...itu asumsi yang saya ambil dari jawaban teman-teman semua...bahkan jawaban itu saya peroleh dari teman yang baru pertama kali menghidupkan meta trader ..hihiih...

Kabarnya...chart itu merupakan bentuk dari visualisasi market...

Saya gak akan membahas bar chart..line chart..point and figure chart..kagi chart...three line chart dan masih banyak jenis chart yang lain..saya hanya akan coba membahas sedikit soal chart yang umum di pakai oleh teman-teman sekalian...mungkin serial tulisan kali ini udah pada tau semua..yaitu candlestik....jadi penting gak penting yang penting candlestick...hehhee...

O iya..tulisan ini juga saya buat lantaran tertarik dengan 2 thread di indofx-trader.net..yaitu tentang "samurai trader" dan "trading tanpa indikator"..hehehe...penting gak penting yang penting candlestick...hihiih...

Basa-basi nya mesti diakhiri...hihiih..


Candlestick itu di bentuk oleh harga open ..high..low dan harga close dalam sebuah time frame..jadi bentuknya seperti berikut..




Body candle di bentuk oleh harga open dan harga close...dan dari body ini, muncul istilah bullish candle dan bearish candle..Bullish candle berarti harga close lebih besar atau tinggi ketimbang harga open..sebaliknya Bearish candle berarti harga close lebih kecil atau rendah ketimbang harga open...

High dan low sering disebut dengan "shadow" atau "bayangan"...

Body dari candle itu memberi informasi soal "power"..sementara high dan low memberi informasi keberadaan sebuah level penting..

Power ..maksudnya disini adalah soal dominasi..pihak mana yang sedang mendominasi market di time frame tertentu...apakah pihak buyer atau pihak seller...apakah pihak bullish atau pihak bearish..

Coba lihat gambar berikut...


Coba perhatikan bagian yang saya beri kotak..dominasi bearish banget ya...eh saya pake warna hitam di bearish candle dan warna putih di bullish candle..hehehe...informasi yang bisa kita serap dari bentukan candlestick itu...bearish lagi sangat mendominasi market..dan karena pihak seller yang lagi dominan, maka kecenderungan harga untuk turun jadi lebih besar ketimbang untuk naik..

Contoh lain..


Sekali lagi perhatian tertuju ke bagian yang diberi kotak...lihat dominasi warnanya aja ya...putih ..putih..putih...kalo di bb17 ...walah..hihiihh...back..back..hhehehe..bullish sedang mendominasi market...dan karena bullish yang sedang mendominasi..gampang aja, harga jadi lebih punya kecenderungan untuk naik ketimbang untuk turun...

Warna-warni candletick ini kabarnya salah satu kelebihan dari model chart yang satu ini..lihat sekilas..dominasi buyer atau seller bisa kita lihat...gak percaya ..coba ganti chart di metatrader jadi bar chart atau jadi line chart..hehehe..

to be continued dulu ah...

3 comments:

Anonymous said...

candle antar broker beda, nah menurut simple mind yg bagus u dibaca broker mana?
Thank

Nitra said...

tiap broker berbeda jam buka kantornya terutama di hari senin..dan hasilnya candlenya jadi beda2..saya lebih terfokus memanfaatkan apa yang diberikan broker...terutama saya tidak mencari akurasi...saya kan cuman mencari sedikit profit aja..

Anonymous said...

Beda broker jg ngak ngefek bgt deh...
yg beda paling candle di TF H4 or daily, soalnya beda timezone kan? kecuali ente trading di timeframe 1H kebawah bener2 ngak ngefek!!! paling banter ada Gap di hari seninnya