Tuesday, July 07, 2009

Preparing The Action..(2)

Lanjuutt...gak pake "kan" ..ntar jadi niru slogan capres..hihiihih..

Berikut cuman sekedar tips..hal-hal yang sering saya lakukan dalam mempersiapkan pertempuran di medan forex..hehehe...dan saya juga hanya akan menggunakan sumber geratisan...

Pada tulisan terdahulu..saya sudah tulis mengenai keberadaan dailyfx ..kita langsung aja ke bagian calendarnya...dan saya biasa klik bagian XLS nya untuk mendowload skejul data rilis sepanjang minggu dalam bentuk excell..ini saya lakukan di minggu malam...

File excell yang sudah ter-download kemudian saya edit seperlunya demi memudahkan pembacaan dan pencatatan..contohnya bisa di donlot di sini.

Nah sekarang kan udah dapet tuh skejul data buat seminggu..dan disinilah tahap "preparing" nya..yang biasa saya lakukan kemudian adalah mengelompokkan data berdasarkan negara rilis..dihubungkan ke pair yang sedang saya jadikan sebagai fokus trading...tahun ini saya banyak ke EU dan GU...maka pengelomppokan terutama dari negara Eropa...Jerman,Prancis,Itali ..kemudian Inggris dan Amerika...

Misal ...untuk minggu ini..Eropa terdiri dari data a,b,c dan d...Amerika ada si a,b,c dan d...Inggris ada e,f,g,dan h...trus pake teori standar..liat fcast vs previous secara angka aja...dan di catet deh...senin, eropa datanya jelek...amerika bagus...inggris jelek...kira2 gitu...

Itu saya lakukan buat dapet "preview" secara datar...jadi pas senin saat harga mulai bergerak...saya udah dapet sedikit bayangan..hari ini mau ngapain..hari ini niatnya mau ngapain di euro atau di poundsterling..niat secara fundamental...gak dihubungkan ke teknikal..dan cuman terbatas di skejul data rilis ..dan juga blom dengan pemahaman soal detil datanya...pokoknya.."wah hari ini ada keputusan suku bunga australia ...ati2" ...gitu aja..pokoknya.."nah hari ini industrial production UK turun..bisa bear neh" ...dst..dst...

Fundamental untuk menjawab soal "why" ..Teknikal untuk menjawab pertanyaan "when and where"


next...roti bakar dulu...

0 comments: