Friday, September 26, 2008

A Look into the madness ..part 1

Another side of candlestick



Candlestick..siapa yang gak tau..hehehe..lah semua temen pada make model charting yang satu ini...
tulisan kali ini sebenarnya hanya merupakan sebuah catatan membaca candlestick versi nitra..versi yang lebih bagus bisa di baca di tulisan-tulisan maupun e-book nya Steve Nison..dan sebenarnya inspirasinya ya dari Steve Nison itu..



Pada gambar di atas ..merupakan bentuk dari sebuah candlestick..terdiri dari body dan shadow..body dibentuk oleh harga open dan close sementara shadow oleh harga high dan harga low..o iya nitra pake warna putih dan hitam ya..kalo ada temen yang baca artikel ini tapi menggunakan warna yang berbeda, tinggal disesuaikan aja..hehehhe...

Candle dengan body berwarna putih terbentuk harga close yg lebih tinggi dari harga open...memberi informasi saat itu harga sedang bergerak naik atau saat itu pihak buyer sedang mendominasi pasar..selanjutnya candle ini kita sebut sebagai candle bullish..

Candle dengan body berwarna hitam terbentuk oleh harga close yang lebih rendah dibandingkan harga open..memberi informasi saat itu harga sedang bergerak turun atau saat itu pihak seller sedang mendominasi pasar..selanjutnya candle ini kita sebut sebagai candle bearish..

Body pada candlestick memberikan informasi tentang siapa yang sedang berkuasa di pasar saat itu ...apakan buyer atau seller...semakin panjang ukuran bodynya..memberi isyarat semakin kuat suatu pihak..pihak seller atau buyer maksudnya...dan semakin kecil ukuran body memberi isyarat melemahnya kekuatan suatu pihak..

Bagaimana dengan shadow ?? ...

Shadow memberi informasi tentang level penting..yaitu support dan resistance...level high memberi informasi di situ ada resistance yang saat itu dianggap kuat...sementara level low memberi informasi di situ ada support yang saat itu dianggap kuat..

Segini dulu..nanti disambung lagi..

1 comments:

neng junti said...

banyak informasi yang bisa kita peroleh dengan memanfatkan candlestick ini, dan begitu pula dengan isttilah yang ada didalamnya, terlihat simple namun banyak sekali informasi yang bias kita perolah, dan hal ini juga yang terus dimanfaatkan dalam trading di octafx sampai kini