Monday, September 22, 2008

Unyil vs Mr. Top Fund Manager

Exclusive imaginer interview..



dan


Moderator : Apa kabar ??..
Unyil : Baik..
Mr. Top : Baik..

Moderator : Buat unyil ya..gimana ceritanya bisa ada diforex ??
Unyil : hehehe...masa unyil pake seragam SD mlulu sih... tahun canggih, ..internet dah masuk kampung...nah..unyil kebetulan liat situs marketiva..eh ada geratisan $5 disana..ya udah..coba aja...

Moderator : Kira2 unyil dah brapa lama di forex ??
Unyil : kurang lebih setahun deh...

Moderator : Buat Mr.Top ...ini sih gak perlu ditanyain kenapa nongol di forex..
Mr. Top : hehehehe..udah jadi alur perjalanan hidup saya...o iya..saya gak hanya di forex..port folio saya mengharuskan saya beradi di saham,komoditi pertanian dan pertambangan dan juga forex..ngikutin "don't put ur egg in one basket" ..hehehe..

Moderator dan unyil : wowwww....

Moderator : menurut anda berdua...mana yang lebih penting..fundamental atau teknikal ??..

Unyil : saya bingung jawabnya ..menurut saya dua2nya penting..tapi unyil kan fasilitasnya terbatas...untuk online mesti sedikit rebutan..sehari paling cuman bisa 2-3 kali online..itupun cuman 1-2 jam aja..jadi kadang fundamental cuman dibaca-baca..buat nambah wawasan..sementara chart masih lebih diutamakan..maklum..orang desa..

Mr. Top : kamu liat di sekeliling saya..itu ada monitor dari reuters..trus juga ada dari bloomberg..itu buat memantau fundamental...sementara sisanya untuk trading dan untuk charting..jadi buat saya fundamental dan teknikal itu sangat penting..saya membutuhkan kedua hal itu untuk mengambil keputusan transaksi terbaik..

Moderator : apakah dengan mengetahui fundamental dan teknikal , kondisi profit bisa dipastikan..??

Unyil :kalo pertanyaan ini..unyil gak bisa jawab...soalnya fundamental unyil kan masih ditahap berusaha mengerti apa maksud dari fundamental dan bagaimana pengaruhnya ke curency yang unyil transaksikan...sementara teknikal pun baru terbatas maen2 dengan garis aja..jadi profit ya blom pasti...cuman trading jadi lebih nyaman aja rasanya ...itu sih menurut unyil..

Mr.Top :mana bisa kita pastikan profit..hehhee...you kan tau betapa dinamisnya pergerakan harga..tengok aja pergerakan beberapa hari terakhir...itu jantung mau copot rasanya..dow theory itu jadi bener rasanya..."average discounted everything"...profit mana bisa dipastikan..sesaat rasanya udah profit..saat berikutnya minus..it's a wild world...hehehe

Moderator : pandangan anda berdua soal Money Management ??

Unyil : walah..saya cuman pake modal recehan..gak sampe sejuta rupiah nich..gimana ngitung money managementnya ya ?? ...tapi unyil pernah baca soal "don't use the money u can't afford to lose"..nah unyil emang cuman punya duit sejuta aja..setor separoh buat jadi modal trading, separohnya lagi buat biaya trading..lalu sempet juga baca soal "profit ..sikkat" ..ya udah gitu aja...

Mr. Top :..kamu gak bisa menang tanpa money management yang bagus..hehehe..kamu harus itung berapa % yang siap kamu korbankan bila analisa dan keputusan transaksi kita salah...rata2 sih saya pake angka 3%..SL dan TP itu jadi unsur penting disana..ya walau gak mutlak ..tapi tanpa itung-itungan MM..you boleh dibilang siap2 bangkrut deh.so..MM is very important things ..dan dia jadi salah satu faktor penentu existensi kita sebagai trader...heheh...

Moderator : Kalo boleh tau..sebulan kalian bisa dapet brapa ??...

Unyil : nah..ini alasan unyil ikut di forex...rata2 unyil kan masuk posisi cuman sekali sehari...sekarang sih udah gak di marketiva..pake broker micro yang ada MT4nya..meta trader maksudnya..tiap entry make 0.01 lot..ada $1 biasanya langsung unyil ambil...jadi sebulan rata2..unyil bisa dapet $10 - $20 an deh...lumayan..

Mr. Top : saya di portfolio saya cuman mentargetkan gain 5$ monthly..sukur2 bisa lebih..seburuk2nya 3% udah bikin boss saya senang..hehe..

Moderator : nyil..kalo dalam persentase..brapa tuh ??..
Unyil : hmmm...modal unyil itu $100..kalo dapet $10 berarti 10% ..
Mr.Top : hehehe....small money huh ??

Unyil : blom mampu lebih banyak...tapi unyil pernah baca soal "pake modal sekecil mungkin buat dapet untung sebesar mungkin dan dalam tempo secepat mungkin"...setahun modal dah balik udah cukup bener rasanya...
Mr. Top :heheheh..still small money huh..

Unyil :iya mister...small money banget..
Mr. Top : hehehe..

wawancara imaginasi diakhir di sini..

0 comments: