Friday, October 15, 2010

Trader Sayur

Yen akhirnya kemaren 14 Oktober 2010,low nya berada di 80.89...kata berita, itu level terendah dalam kurun waktu 15 tahun..itu satu pair..yang lain ada xau yang sudah makin dekat dengan 1400...new record semua...

dengan menulis tentang ini, saya bukan bermaksud 'nyindir'..cuman ingin mengingatkan tentang teori dasar tentang model perdagangan yang kita kerjakan..

beralih dulu ke mengenai pedagang sayur...iya pedagang sayur yang ada di pasar-pasar, atau yang sering keliling kompleks deh..mungkin kira-kira ilustrasi yang dia kerjakan saat berdagang adalah sebagai berikut..

misal barangnya jagung deh..misal dapet dari petani Rp1000..setelah itu ya mesti dijual diatas harga Rp1000 tadi..dia juga mesti rajin cari informasi mengenai petani yang jualan jagung tadi, siapa tau ada yang jual lebih murah..simple..

teori nya ...kalau mau untung..beli di harga semurah mungkin..jual di harga setinggi mungkin...ya gak tinggi-tinggi banget juga, bisa kagak laku....hehehhe...atau mesti di modifikasi dikit ya..beli di harga semurah mungkin, jual di harga rata-rata pasaran...dan siap-siap kena tawar ama ibu-ibu calon pembelinya..

sesaat setelah saya kirim sms ke seorang nasabah saya...kontan dia telpon...

"nit..buy yen...itu dah paling rendah tuh harganya..."

saya terpaksa menyalahi "agreement" dengan menolak permintaannya..saat di tulis, yen kebetulan naik dari 80.89 ke 81.47an...nasabah saya kecewa...ya iyalah...broker nya gak menjalankan permintaannya..

kenapa saya tolak ??

karena saya ingat sebuah teori dasar tentang trading..trading forex tentunya..yaitu ..di kala kondisi pergerakan sedang cenderung bergerak turun,maka transaksi akan diawali dengan posisi 'sell' ..gimana caranya liat kalau pergerakan sedang cenderung bergerak turun...gampangny pake kata 'lower' ...dari hari ke hari dia 'me-lower' ...hihihiih..jadi aneh kedengarannya...hehehee...dari hari ke hari selalu muncul low yang lebih low dari low hari sebelumnya...dari hari ke hari selalu muncul high yang lebih low dari high hari sebelumnya...dan dari hari ke hari candle closing nya lebih low dari hari sebelumnya....dst..dst..tinggal di google aja tentang trend down...

nah kondisi 'me-lower' itu yang sedang saya lihat di chart dailynya USDJPY..yang mana bikin saya tetep ingin nge-sell USDJPY..hehehhe...

Sori boss...saya masih ingin jadi trader forex...saya belum berniat jadi trader sayur..heehhehe...

loh tapi kalau kita tidak dapat harga yang tinggi saat klik tombol sell, berarti profit kita kan dikit ???...hheehe...gimana mastiin besar-kecil nya tingkat profit, bila kita tidak bisa pastikan kemana harga detik selanjutnya akan muncul ???? ...emang kalo kita masuk buy tepat di 80.89 tadi, kita bisa pastikan detik selanjutnya nongol minimal 80.90 biar kita plus 1 pips ????...gimana kalo ternyata detik selanjutnya malah nongol 79.90..misal...

ini menurut saya....kala kita sudah larut dalam kondisi trading forex,kita itu akhirnya lupa dengan kata 'PROFIT'...'GAIN'...'UNTUNG'..dan lain-lain yang senada dan searti..kita itu kadang memilih untuk jadi 'PENJAJAH' market..kita itu kadang memilih untuk jadi 'MAESTRO' market ..yaitu dengan berusaha punya posisi yang kalo di tunjukkan di chart..kesannya keren banget...sell at top ..buy at bottom...

udah gak peduli deh kita ke segala profit...maka sering kita jumpai di pencarian sell at top buy at bottom,tingkat lotasi nya super duper micro...hehehe..untungnya di lokal kagak bisa...tetep mesti masukin 1 lot...

gimana kalo setelah dapet sell di areal yang seperti nya sesaat udah bener jadi top eh tuh harga ngacir bikin new top..dan kondisi berubah jadi trend up?? ...seringnya jawabnya simple...'AVERAGING'...'MARTINGALE'...dan biarkan margin yang bicara...karena itu gak heran kemaren2 di banyak forum ada aksi 'harakiri' masal...padahal di jepangnya masih tenang aja...eksportir emang ngaku udah susah tapi blom ada harakiri2an..heheehe..

teori laen...katanya biar bisa profit maka kita mesti 'folow' dan manfaatkan sebuah trend...

pertanyaannya..trend mana yang akan kita ikuti...trend yang terlihat di market melalu chart yang kita gunakan ??...atau trend yang terlihat dari posting para master dan maestro forex di forum ??...

sekali lagi sori boss...emang sekarang si yen 'kebetulan' lagi up..dan siapa tau hari ini ada muncul yang seperti diharapkan atau bahkan sudah dikhayalkan banyak pengamat...INTERVENSI...YENDAKA...saya tetap belum mau buy itu USDJPY...kenapa ??..trend nya masih turun...dan saya belum berniat jadi pelopor trend up...saya belum ingin seperti george soros yang katanya 'bergerak mendahului kurva'..

saya akan buy...bila..trend sudah terlihat naik..kita jadi gak perlu repot pake 1 lot dan cari sekedar BEP...kita jadi bisa nyemplung serius pake lot yang biasa kita gunakan..hehehhee...

sori boss...tuh si nitra dah bilang sori...hehehe

4 comments:

dagingkuda said...

Padahal, sayur enak lho mbah...
Apalagi kalau sayur cah kangkung plus kepiting bakau...
mantaaav bin laziz

Unknown said...

Menarik juga perkataan mbah ini, kalau yang punya modal gede mungkin bisa berkata begitu dengan menggunakan konsep mendahului trend. kalau ane yang masih trader kecil - kecilan di broker octafx gak akan mampu untuk melakukan trading dengan modal yang sangat besar sehingga ane sih biasanya mencoba untuk melakukan trading dengan mencoba mengikuti trend pada saat pergerakan harga sudah terlihat

Dadang Dading said...

Semakin bertambah pengalaman trading yang kita miliki maka kita akan lebih baik dalam menjalanakn kegiatan trading kita untuk mencapai hasil trading yang maksimal. srategi yang kita terapkan akan menjadisemakin matang dan efektif untuk berburu profit pada kesempatan trading. saat ini saya memanfaatkan minimal deposit $5 pada akun Micro di OctaFX untuk menambah pengalaman trading yang saya miliki agar semakin bertambah.

potato lala said...

ane sangat beruntung sekali bergabung di broker ACY, karena fasilitas di ACY ini menyediakan kursus online dan edukasinya yang lengkap dan juga gratis, sehingga ane sekarang bisa mengerti dan paham akan cara kerja tradingnya, dan di broker ACY ini memiliki spread yang rendah dan eksekusi yang cepat, jadi ane nyaman dan aman menjalankan trading bersama broker ACY.