Monday, December 31, 2007

Belajar apa ya ??? ...

Banyak yang bertanya ke saya...mesti belajar apa dulu ??

Ini termasuk pertanyaan paling sulit di jawab...kenapa ?? ..karena saya yakin yang bertanya ke saya..saat itu chartnya dah penuh dengan indikator.. dah banyak baca buku...dan donlot banyak EA ...apalagi kalo ngintip posisinya...biasanya dah ada sebaris posisi di banyak pair...dan sekarang bertanya mesti belajar yang mana ?? .. gimana saya harus jawab ...hehehhe..

Tapi kalau terus didesak...mungkin akan saya jawab begini
-- anda sebaiknya pelajari lagi kenapa harga itu bergerak...
-- anda sebaiknya pelajari apa yang selama ini anda sebut sebagai teknikal..
-- anda sebaiknya pelajari lagi kenapa anda profit..dan kenapa anda loss ..
-- anda sebaiknya pelajari lagi kenapa di satu moment jari anda meng-klik sell atau buy..
-- anda sebaiknya pelajari lagi kenapa anda pilih GBPUSD ...kenapa pilih GBPJPY ...kenapa pilih EURUSD...dsbnya..

dan jangan cuman di pelajari dalam hati...buat catatan...buat catatan kegiatan trading atau jurnal trading...catat sisi teknikal,fundamental...catat sisi money management..dan jangan cuman dicatat...tapi harus juga di review disaat market tidak bergerak...atau disaat anda tidak dalam kondisi trading...

Trader yang baik harus juga punya kebiasaan yang baik ..good luck..

1 comments:

Maman Dulyaman said...

Belajar dan berlatih trading adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan sebagai upaya untuk kita bisa menguasai dan menjalankan kegiatan tarding kita dengan baik dan hasil yang memuaskan. saat ini saya mencoba mengikuti secara rutin kontes trading demo "OctaFX CHAMPION" yang diadakan secara rutin oleh OctaFX. dengan mengikuti kontes tersebut, saya berharap kemampuan trading yang saya miliki akan bertambah baik dna meningkat sehingga dalam melakukan live trading dengan lebih mantap.