Wednesday, January 02, 2008

Trading vs Investasi ..

Kebetulan dapet tugas ngobrol2 dengan marketing-marketing baru di salah satu broker lokal ...

Iseng2 nanya, gimana sih mereka nawarin calon nasabahnya buat ikutan "maen" di forex atau index ..saya menemukan jawaban yang hampir sama ...semuanya pake kalimat "nawarin investasi" ..

Kenapa jadi menarik perhatian saya untuk di posting di blog ini ?? ...
Karena kebetulan saya kerja di salah satu broker lokal...mengelola dana nasabah .. dan kalo searching di forum2..reputasi broker lokal itu gak ada yang bagus...

Mungkin permasalahannya ada di kata "INVESTASI" ....pengalaman saya ...kalo pake kata investasi, calon nasabah akan nanya "tiap bulan bisa dapet brapa ??" ...marketing biar si calon nasabah cepet masuk, bakalan menyebutkan sebuah tingkat persentase keuntungan...umumnya akan jawab "bisa diusahakan minimum 10% tiap bulan"..lalu si calon nasabah akan mikir...10% dari Rp. 30.000.000,- ..itu artinya dapet Rp 3.000.000.- /bulan ...lalu marketing mungkin akan menambahkan "tax free" ... calon nasabah bakal gak enak tidur mikirin hal itu...3 juta sebulan...10 bulan modal dah balik...minimum...lebih bagus dari nyimpen di deposito ...

Itu mimpinya...pada kenyataannya ..angka 10% ternyata tidak mudah didapat..dan nasabah justru selalu mendapati statement negatif disertai komentar.."tenang pak, cuman floating" ..lalu tiba2 dapet permintaan tambah dana..hancur deh semua mimpinya...dan kalo gini..telp ke semua temen...forex itu gak bagus...maen di broker A gak bagus...bikin bangkrut..

Andai tidak memakai kata investasi ...

Andai memakai kata trading atau kata lain diluar investasi yang lebih memberikan gambaran nyata bagaimana dana nasabah digunakan...mungkin pertanyaan nasabah akan jadi "berarti bisa loss..lossnya brapa besar ??" ...tapi mana berani marketing cerita loss ...mana berani marketing cerita kalo duit nasabah bisa habis.. kalo nasabah tanya keamanan dana, diarahkan ke "segregate account" ...padahal maksud pertanyaan nasabah itu sebenarnya "duit saya bisa habis gak ??"...

Forex itu menurut saya bukan sarana investasi...terutama karena tingkat resikonya yang luar biasa...walaupun dia memang menjanjikan tingkat keuntungan yang luar biasa pula ..forex lebih tepat disebut trading...dagang..karena khan pake sell dan buy..pake jual dan beli ...dan kalo di dunia trading atau dagang...untung itu baru sebuah kemungkinan ...kondisi pasti dan bisa dipastikan adalah kondisi loss..


Kalau anda dah siap dengan kondisi loss...baru deh ikutan forex ...batasi penggunaan dana..jangan sampai gara2 melirik setoran awal $1 ..tiba-tiba begitu dihitung anda sudah melakukan setoran sampai $1000 dan di platform masih ada floating loss pula ... jangan gunakan dana yang di siapkan buat biaya sekolah anak ...jangan gunakan dana yang disiapkan buat bangun rumah....gunakan dana yang dipake buat beli rokok...gunakan dana yang dipake buat traktir makan2 ama temen di cafe..hehehhehe...

dah bingung lagi mo ngetik apaan...ngeliatin marketing yang keren2 aja dah...:D

1 comments:

Maman Dulyaman said...

saya merasa bahwa trading forex merupakan sebuah kesempatan bisnis yang snagat menarik untuk saya jalankan. bisnis ini memiliki keunggulan baik dari segi waktu yang fleksibel atau pun dari segi modal yang relatif mudah dan terjangkau, seperti yang saya lakukan saat ini dengan memanfaatkan minimal deposit $5 pada akun Micro di OctaFX untuk menunjang keberlangsungan trading saya. terlebih lagi dengan didukung oleh leverage 1:500 dari OctaFX, membuat saya semakin nyaman dan leluasa dalam menjalankan kegiatan live trading.