Saturday, January 05, 2008

Candlestick

Sekedar ilustrasi memanfaatkan candlestick dalam melakukan transaksi ..

Ilustrasi ini hanya diperuntukkan bagi yang merasa 100% newbie...heheheh...kalo yang dah jago, mungkin perlu alat bantu indikator yang lebih canggih ...hehehhe...kali ini kita trading hanya menggunakan candlestick, tanpa indikator, tanpa tarikan garis trendline...hanya candlestick ..




Candle yang saya beri panah adalah candle saat data Non Farm Payroll tanggal 4 Januari 2008 di rilis ...Non Farm Payroll merupakan salah satu data yang masuk kategori high impact ...dan bagi yang 100% newbie sangat disarankan untuk menjauhkan jari dari tombol sell atau buy saat data itu rilis..karena apapun hasil datanya, harga akan bergerak sangat cepat..saat itu arah pergerakan sangat sulit ditebak ...dan trading saat data yang masuk kategori high impact memiliki tingkat resiko yang sangat tinggi....newbie jangan main-main dengan resiko ...jadi di candle ini kita dalam status "no action"..chatting sana-sini aja sampai candle selesai terbentuk..

Saya kebetulan mempergunakan timeframe 15 menit...rilis Non Farm Payroll jam 20.30wib..kita mulai serius di jam 20.45 ..serius dalam hal mengamati...belum melakukan entry ..

Candlestick itu merupakan sisi visualisasi dari market yang terdiri dari buyer dan seller ...itu kata nitra, gak ada dibuku manapun ...hehhehe....bagian body candlestick menggambarkan kekuatan buyer atau seller, sementara bagian high dan low menggambarkan adanya level-level yang dianggap penting oleh buyer dan seller.

Candlestick saat Non Farm Payroll memiliki body yang panjang..memberikan gambaran buyer lagi menguasai market...kemudian candlestick selanjutnya memiliki body yang sangat kecil dan high-low yang panjang, memberikan gambaran buyer yang sebelumnya dominan secara mengejutkan menghilang, juga memberi petunjuk ada level penting bagi buyer maupun seller ..level high kita anggap sebagai resistance, sementara level low sebagai support ... dan sebagai newbie yang baik..action kita adalah buy setelah resistance atau support pecah ...check di metatrader saat itu high= 1.9813 dan low= 1.9783...dan di candle ini lagi-lagi kita dalam status "no action" ...sabar..sabar...kesabaran adalah segala-galanya ....

Lanjut ke candle berikut...body kecil, high-low panjang...yang menarik highnya mendekati high candle sebelumnya ...memberikan gambaran, ada sejumlah kecil buyer menguasai market tapi karena mereka sedikit, level resistance jadi belum bisa ditembus ...newbie prepare your finger ...heheheh... bila di candle selanjutnya resistance tertembus..klik buy..atau kalau support yang tertembus..klik sell ....sebagai newbie, gak perlu pake limit order, pake instant execution aja ..

Ada yang ktinggalan, buyer dan seller bisa dilihat dari warna candlenya ...

Lanjut...ke candle selanjutnya...seller muncul ...arahkan jari ke tombol sell ...jangan klik dulu...kenapa ?? ...support blom pecah ...

Singkatnya ...di candle ke dua yang berwarna hitam, akhirnya kita mengklik tombol sell ...dan ...profit atau loss ?? ...kalau liat hasil lengkap candlenya..



sepertinya sih profit ....tapi jangan lupa keluar dan ambil profit ya...ingat semakin lama di market, tingkat resiko jadi naik...bisa-bisa yang sebelumnya dah ada floating profit, berubah jadi floating loss...good luck..

5 comments:

Anonymous said...

Bagus mas ini postingan nya , saya pernah loss banyak di NFP sejak saat itu gak pernah lagi maen nfp-nfp an...jadi gak sabar nunggu nfp nih...mau nyoba agih ah! hahhahhaha

Anonymous said...

Mohon ijin nya untuk di review di blogs sayah....sebelum ada ijin saya gak berani review postingan...hahahahah

Unknown said...

Mohon mampir, Good post master

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Yulian said...

candlestick ini memang sering dieprgunakan dalam trading di OctaFx karena saya pikir ini adalah indikator dasar yang masih elevan sampai sekarang dan bisa dipergunakan untuk mengikuti perkembangan market dengan baik sehingga bisa untuk dilakukan prediksinya